5 Game Battle Royale Wajib Main selain PUBG Leave a comment

Battle royale adalah genre yang pada dasarnya meleburkan elemen penyintasan, eksplorasi, dan berburu. Genre yang tergolong baru ini rupanya terinspirasi dari sebuah novel dan film Jepang dengan judul yang sama. Dalam game bergenre battle royal, para pemain dalam sekian jumlah tertentu akan diangkut ke sebuah lokasi atau pulau terpencil dengan berbagai perlengkapan awal yang seadanya. Kemudian, mereka dipaksa mencari peralatan dan persenjataan lebih mumpuni serta berpacu dengan waktu untuk menghabisi para pemain lain dan menjadi satu-satunya pemain yang bertahan hidup.

PUBG bukanlah game satu-satunya atau yang pertama yang mengusung format battle royale. Lima game berikut ini punya konsep dan keunikan yang sedikit berbeda tapi enggak kalah seru sama game garapan Bluehole tersebut. Yuk, simak!

1. H1Z1

Awalnya Daybreak Game Company memecah pengembangan game ini ke dalam dua proyek terpisah bernama H1Z1: Survive dan H1Z1: King of the Kill. Hingga pada Oktober tahun lalu mereka memutuskan untuk meletakkan fokus perusahaan pada proyek kedua dan menanggalkan embel-embel King of the Kill di belakangnya. Sampai saat ini, status H1Z1 masih dalam tahapan Early Access dan belum ada informasi resmi kapan versi final game ini akan dilepas ke publik.

Mengusung premis sama persis dengan PUBG,kalian beserta 149 pemain lainnya akan diterjunkan ke suatu lokasi tertentu. Sesegera mungkin, kalian kudu cari senjata dan aneka perlengkapan yang bakal berguna buat bertempur sama pemain lain. Katanya, sih, Brendan Greene selaku dalang utama dari PUBG dulunya pernah jadi konsultan gameplay yang membantu pengembangan game ini. Jadi, H1Z1 yang niru PUBG, atau justru sebaliknya, nih?

2. Rust : Battle Royale

“Satu-satunya tujuan game ini adalah bertahan hidup.” Begitulah jargon yang diemban oleh game hasil kembangan Facepunch Studios ini. Di awal permainannya, para pemain akan terdampar di seluruh penjuru bagian terluar pulau dalam keadaan tanpa sehelai benang pun. Beruntung, developer masih berbaik hati melengkapi karakter kalian dengan sebuah obor, perban, dan peta pulau.

kalian juga bakal main perdana dalam keadaan perut lapar dan haus. Kemunculan hewan-hewan buas juga bikin kalian was-was bahkan untuk ngambil satu jengkal langkah sekalipun. Selesaikan dulu persoalan awal kayak gini, lalu cari atau bangun markas sebagai tempat kalian berlindung. Selanjutnya, seperti yang bisa kalian tebak, kalian bakal saling bunuh dan saling rampok pemain lain serta berpacu jadi manusia atau tim terakhir di pulau ini.

Rust: Battle Royale punya sentuhan grafis yang cantik serta gameplay yang asyik. Meski masih ada kekurangan elementer kayak pergerakan pemain yang kurang halus atau jumlah server yang belum mampu mengakomodir gamer yang makin hari makin tertarik cobain game ini. Akan tetapi, masalah ini masih bisa dimaklumin. Soalnya, game ini memang masih dalam tahapan Early Access.

3. Rules of Survival

Hype yang liar atas dampak kepopuleran PUBG enggak hanya berlaku di PC atau konsol aja, tapi juga enggak terbendung hingga menjalar ke ranah mobile. Game mobile dengan genre sejenis udah banyak banget bertebaran di market aplikasi, mau itu App Store atau Play Store. Dari sekian banyak game battle royale yang ada, Rules of Survival yang dikembangkan oleh NetEase adalah salah satu game yang wajib kalian mainkan.

Sama genre, sama juga gameplay dan premisnya. Kalian adalah satu dari 120 pemain yang diterjunkan di sebuah pulau. kalian wajib ngumpulin senjata, perlengkapan medis, pakaian, serta pelindung kepala demi bertahan hidup. Semua elemen dasar ini pastinya bukan hal baru buat kalian yang udah khatam mainin game battle royale. Kalian juga bisa main solo atau barengan ama pemain lain. Kendati “cuma” game mobile, peta yang bisa dijelajahin ternyata luas banget, loh. Game ini gratis dan ada konten berbayar yang bisa kalian beli di dalamnya.

Namun seiring perkembangan waktu Rules of Survival juga telah hadir pada versi PC, yang tak kalah dengan pendahulunya. Walau masih banyak bug pada versi PC, namun karena spek game ini tidak membutuhkan spek yang tinggi, membuat game ini sangat diminati.

5. Fortnite: Battle Royale

Ini, nih, game yang disebut-sebut paling menandingi PUBG pada hampir segala aspek. Epic Game sebagai penerbit game ini bahkan mendahului Bluehole (penerbit PUBG) untuk merilis game ini di PlayStation 4 dan Xbox One. Uniknya, pondasi engine bernama Unreal Engine 4 yang digunakan oleh PUBG ternyata adalah ciptaan Epic Games.

Enggak perlu banyak dibahas kayak bagaimana alur cerita atau gameplayFortnite. Beberapa perbedaan yang paling kentara mungkin adalah proses pendaratan, sistem pertahanan, hingga mekanisme nembak. Selebihnya sama, tapi tetap terasa ada sedikit perbedaan. Aspek paling unik dari Fortnite adalah bangunannya. kalian bisa mengonstruksi bangunan sekeren dan semegah yang kalian mau, dengan catatan kalian enggak lupa kalau tujuan kalian bikin bangunan atau benteng itu adalah buat memperkuat pertahanan kalian dari serangan para musuh.

Itulah lima game battle royale yang enggak kalah seru dari PUBG. Kalau belum mainin semuanya, kalian jangan dulu nyinyir dan angkuh mengklaim bahwa PUBG adalah yang terbaik. Coba aja dulu satu-satu! Kali aja kalian suka dan ketagihan.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat Chat +6285736005680